Langsung ke konten utama
ads

28 Tanda Tanda Anemia Berat dan Ringan Wajib Diketahui

Tanda - Tanda anda Anemia Berat dan Ringan - Anemia merupakan suatu penyakit kekurangan sel darah. Anemia ini bisa menjadikan daya tahan badan penderita menurun, karena metabolism di badan menurun dan ketahanan badan menurun. Tentu hal ini menjadi suatu hal yang sangat membahayakan. Bahkan dengan adanya anemia memungkinkan untuk seorang terserang penyakit-penyakit lainnya dikarenakan anemia tersebut.

 Anemia merupakan suatu penyakit kekurangan sel darah 28 Tanda Tanda Anemia Berat dan Ringan Wajib Diketahui


Gejala anemia tentunya sangat menggangu aktifitas manusia, gejala tersebut masuk kedalam gejala yang ringan, akan tetapi pada gejala yang berat dapat berujung hilangnya kesadaran, bahkan menuju maut hal tersebut tidak dapat disepelekan mengingat anemia menyerang darah, yang menjadi pusat pengangkutan oksigen dan nutrient serta zat sisa di dalam tubuh. Berikut ini merupakan tanda tanda anemia berat dan ringan yang wajib diketahui.

1. Lelah berlebih


Lelah berlebihan  memang merupakan salah satu tanda tanda anemia yang akan dirasakan oleh penderita . Karena anemia akan mengurangi asupan darah yang membawa oksigen menuju seluruh badan dan otak, Anemia disebabkan oleh kurangnya sel darah merah yang mengangkut kedua zat tersebut.

2. Mual


Mual disebabkan oleh kondisi syaraf yang memicu untuk memuntahkan makanan dalam perut, hal ini dipicu sebagai respon penolakan dalam badan dan bentuk kekurangan oksigen, anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah, sel tersebut yang menjadi distributor pengangkut dalam badan maka dapat dipastikan kekurangan oksigen akan menyebabkan mual..

3. Cepat marah


Cepat marah dapat menjadi salah satu menerangkan dari seorang yang menderita darah tinggi namun ternyata tidak hanya itu saja, anemia atau kekurangan darah pun mengakibatka cepat marah, Hal ini tentu saja, ketika seorang terkena anemia beliau akan mencicipi kelelahan. Kelelahan itu akan mengganggu konsentrasi penderita, sehingga akan menjadikan penderita sulit mengontrol amarah..

4. Perut nyeri


Perut nyeri merupakan respon terhadap kurangnya asupan oksigen di otot adegan perut yang menyebabkan otot menjadi terus berkontraksi tanpa bisa kembali relaksasi sehingga menimbulkan sensansi yang nyeri.

5. Denyut jantung tidak teratur


Anemia dapat memicu penyebab penyakit jantung. denyut jantung yang tidak teratur. Untuk itu hal ini perlu diatasi dengan baik menyerupai melaksanakan olahraga dan melaksanakan kegiatan lainnya untuk melatih jantung bekerja dengan normal lagi, selain olahraga diharapkan juga supan nutrisi yang cukup untuk membentuk sel darah merah.

6. Tangan mudah berkeringat


Tangan mudah berkeringat ini sejatinya merupakan tanda-tanda dari penyakit jantung koroner namun dapat juga menjadi tanda dari anemia. Saat anemia jantung tidak dapat berfungsi dengan baik, itulah mengapa menjadi mudah lelah atau yang sering menyerang penderita.. Jika hal ini sudah terjadi maka bukan penyakit anemia lagi yang diderita tetapi akan menjadikan penyakit jantung.

7. Pucat pada kelopak mata


Pada orang yang mengalami anemia akan menunjukkan matanya yang pucat. Hal ini pun dapat disebabkan karena kondisi badan yang kurang asupan oksigen karena sel darah merah pembawa oksigen berkurang  sehingga ia akan  menampakkan pucat pada adegan bawah matanya itu terutama pada adegan kelopak mata,.

8. Wajah pucat


Ciri utama pada anemia ialah pucat, hal ini disebabkan oleh kurangnya pasokan oksigen menuju wajah yang menyebabkan wajah terlihat pucat, apabila dibiarkan akan menyebabkan sel sel kulit wajah menjadi mati dan menua.

9. Ujung jari pucat


Pada adegan ujung jari akan mengalami gangguan yaitu memucat. Seperti halnya orang yang kedinginan terlalu lama, maka tangan akan tampak mati dan putih. Hal ini disebabkan oleh kurang asupan oksigen dalam darah yang diedarkan menuju jari.

10. Kekebalan badan menurun


Anemia akan menyebabkan kekebalan badan menjadi menurun, pada beberapa kondisi anemia menyebabkan rendahnya metabolisme tubuh. Tentu karena anemia ini menyerang sel darah merah yang menjadikan darah merah tidak dapat memfungsikan fungsinya dengan baik, yaitu membuatkan darah ke seluruh tubuh. Sehingga memicu lemahnya kondisi antibody dalam tubuh


Baca Juga: 17 Makanan Sehat untuk Anemia yang sangat dianjurkan

Tanda Tanda Anemia Berat dan Ringan Lainya :


11. Rambut rontok
12. sakit kepala
13. Nyeri dan pegal pada leher
14. sesak nafas
15. Nafsu makan berkurang
16. Konsentrasi menurun
17. Lidah terasa kering
18. Kuku terasa sangat rapuh
19. Luka sulit sembuh
20. Sering pingsan
21. Terkadang tidak sadar
22. Insomia
23. Stress
24. Selaput merah pada mata menjadi pucat
25. Telinga berdengung
26. Masalah haid
27. Elastisitas kulit menurun
28. Menjadi pendiam

Baca Juga: 30 Penyebab dan Gejala Anemia yang Wajib Diwaspadai




Tanda tanda anemia diatas dapat dideteksi dengan dini sehingga kau dapat mencegah semenjak dini sebelum masuk ke stadium lanjutan. Ketika mencapai stadium lanjut penyakit anemia  dapat menjadi sesuatu yang mematikan. Sayangi dirimu karena harta yang paling berharga ialah kesehatan. Anda juga dapat melihat jenis penyakit yang perlu diwaspadai.
Sumber http://www.list.co.id/

Komentar