Langsung ke konten utama
ads

31 Gaya Hidup Baik Orang Arab yang Perlu Ditiru dan Diikuti

Meniru gaya hidup sepertinya diharapkan untuk merubah kebiasaan yang kurang menguntungkan bagi kita. Kebiasaan atau gaya hidup bangsa lain juga mampu dijadikan rujukan semoga pilihan alternatif yang ada dapat dimaksimalkan dan diadaptasi dengan budaya bangsa.

Seperti budaya dan kebiasaan orang arab. Siapa tidak kenal bangsa arab ini. Sudah semenjak zaman kenabian, aksara yang berpengaruh sudah melekat pada bangsa ini. Nah, Apa saja kebiasaan baik dan relevan bangsa arab? Coba kita tengok sejenak beberapa kebiasaan baik mereka yang wajib kita tiru berikut ini.


Meniru gaya hidup sepertinya diharapkan untuk merubah kebiasaan yang kurang menguntungkan  31 Gaya Hidup Baik Orang Arab yang Perlu Ditiru dan Diikuti

1. Berpakaian sopan dan menutup aurat


Bangsa arab memang sudah kental dengan budaya islam. Islam dengan penuh kedamaian dan keindahan mengajarkan untuk berpenampilan sopan sekaligus menutup aurat. Hal ini juga ditunjukkan oleh bangsa arab yang menghargai orang lain dengan cara mereka berpakaian. Apalagi hal ini sangat terlihat pada kaum perempuannya. Banyak dari perempuan bangsa arab ini menutup keindahan yang tak seharusnya diperlihatkan, ibarat lekukan tubuh, paha, dan lainya semoga menghindarkan hawa nafsu kaum lelaki.

2. Bangsa arab menyukai susu


Kesukaan bangsa akan minuman susu ini sudah semenjak dulu dilakukan. Orang arab gemar mengkonsumsi susu baik susu sapi, unta atau domba. Mereka sadar bahwa susu kaya akan protein dan baik untuk pertumbuhan khususnya bagi anak anak mereka.

3. Menjaga Jarak


Maksud dari menjaga jarak ialah bangsa arab menghargai sesama. Artinya mereka tidak akan bertindak sewenang wenang kalau belum mukhirm. Hal ini ditunjukkan bahwa seseorang laki laki dan perempuan tidak akan bergandengan tangan dikala belum mukrim dari perkawinan yang sah menurut agama dan negara. Bahkan, kalau tertangkap tangan melanggar hal tersebut, pemerintah secara tegas menunjukkan hukuman kepada pasangan tersebut.

4. Mengharamkan daging babi dan anjing


Ketentuan yang sudah dituliskan pada kitab suci dilaksanakan dengan baik di jazirah arab. Seperti memakan daging babi atau anjing terang diharamkan. Hewan ini termasuk hewan haram dan najis bila menyentuhnya. Selain itu, secara medis kedua daging ersebut mengandung cacaing, kuman dan virus yang mematikan.

5. Tidak pernah pesta miras


Sama halnya dengan kesadaran terkait hukum tuhan. Alkohol dan peredaranya di arab tidak ada. Bisa dikatakan dibatasi secara penuh. Bangsa ini juga tidak suka minum minuman keras sebab dianggap tidak suci dan dilarang.

6. Benci Narkoba


Kesadaran akan hal hal yang menyeleweng dari ketentuan agama yang dianutnya dipegang teguh dan diaplikasikan dalam keseharian. Ketidak sukaan atas makanan haram, alkohol dan kesannya berdampak pada kesadaran untuk membenci narkoba. Orang arab tidak menyukai bahkan membenci apapun itu yang berkaitan dengan narkoba. sangat menarik bukan.

7. Hentikan segala acara dikala adzan berkumAndang


Aturan dan kesadaran ihwal agama sudah tidak mampu didebat lagi bagi bangsa ini. Aktivitas keseharianpun akan berhenti secara otomatis ketik terdengar adzan. Mereka eksklusif pergi ke surau atau masjid untuk melakukan kewajiban sholad dan akan kembali kalau sudah selesai.

8. Mengahrgai tamu


Cara menghargai tamu bagi orang arab sangat luarbiasa. Mereka menganggap bahwa tamu ialah raja. Kebiasaan baik ini mampu dikatakan unik. Ketika seseorang berkunjung atau bertamu maka orang arab akn melayani apapun itu dan menyajikan aneka makanan terbaik untuk di suguhkan.

9. Menjunjung tinggi martabat wanita


Biasanya sebagian kalangan bangsa atau  kelompok menganggap bahwa wanita ialah kaum yang lemah dan tak berdaya. Berbeda dengan bangsa arab, mereka menjunjung tinggi dan menghargai hak hak wanita. wanita dianggap sebagai kaum yang mampu mengolah rumahtangga, berbisnis hingga kesuksesan seorang pria sebab ada wanita ahli disampingnya.

10. Tidak terlihat wanita keluyuran di malam hari


Inilah bukti dari bangsa ini menghargai dan menjunjung tinggi martabat wanita. Ketika malam tiba, hampir tidak ada wanita yang berkeluyuran di jalan jalan. Jika itu ada, pasti mereka bersama orang lelaki yang sudah mukhrimnya. Anggapan orang arab seorang wanita berkeluyuran dimalam hari akan menyebabkan finah kalau bepergian seorang diri.

Baca Juga: 21 Cara Mengatasi Pikiran Negatif kepada Orang Lain

Beberapa kebiasaan baik orang arab yang wajib ditiru lainya adalah:


Gaya Hidup Baik Orang Arab yang Perlu Ditiru Lainnya


11. Tidak Bergosip
12. Jujur
13. Memegang syariat islam
14. Pria berjenggot
15. Suka pakaian putih
16. Tidak suka berjudi
17. Keamanan negara dijamin
18. Tidak boleh ada sisa dikala makan
19. Mengaji dan sholad semenjak dini
20. Suka bersedekah
21. Tidak suka marah
22. Menghormati orang lain
23. Tidak menghina orang lain
24. Pria dan wanita dipisahkan
25. Suka matematika
26. Tidak pamrih
27. Tidak suka Pamer
28. Mengucap salam
29. Suka tersenyum
30. Tidak ingkar janji
31. Tidak suka memfitnah

Kebiasaan dan gaya hidup orang arab sudah ada dan sepertinya skeptis masyarakat global membuatnya terbalik. Jangan mudah percaya dan teliti kembali pemahanan Anda ihwal bangsa yang memilki banyak kebiasaan baik ini. Ambilah gaya hidup yang baik dan buanglah yang buruk.
Sumber http://www.list.co.id/

Komentar