Langsung ke konten utama
ads

23 Gejala Hipotiroid Awal Yang Sering Orang Alami

Gejala Hipotiroid - Hipotiroid merupakan salah satu gangguan kesehatan yang bisa terjadi karena melemahnya fungsi kelenjar tiroid sehingga kemampuan untuk memproduksi hormon tiroid sangatlah rendah. Padahal kelenjar ini berfungsi untuk mengatur jalannya metabolisme dalam tubuh, bisa dibayangkan apabila kelenjar tiroid terganggu maka metabolisme di dalam tubuh akan kacau. Gejala Hipotiroid sangat bermacam - macam, namun ada beberapa ciri - ciri khusus yang mudah untuk di amati.


 Hipotiroid merupakan salah satu gangguan kesehatan yang bisa terjadi karena melemahnya fu 23 Gejala Hipotiroid Awal Yang Sering Orang Alami


Semua kerja dari hormon memang di atur oleh otak, namun apabila hormon yang diproduksi dalam jumlah yang berlebihan atau kekurangan, maka otak akan berusaha untuk menjaga dalam posisi normal. Apabila otak tidak bisa untuk mengatasi hal tersebut, maka akan timbul berbagai gangguan yang bisa dialami menyerupai berikut ini.

1. Rambut rontok


Gejala hipotiroid yang sangat umum terjadi ialah rambut mulai mengalami kerontokan secara tiba – tiba dikarenakan hormon tiroid yang ada dalam tubuh tidak bisa bekerja dengan baik. Rambut rontok ini bisa di sebabkan oleh hipotiroid atau hipertiroid, oleh karena itu segera periksakan diri ke dokter untuk menerima penanganan medis.

2. Pembengkakan di adegan leher


Gejala lainnya yang dapat diamati dengan mata yakni akan muncul semacam benjolan di adegan leher. Hal ini disebabkan oleh produksi hormon tiroid yang tidak menentu akan mengakibatkan benjolan yang semakin besar apabila tidak segera di tangani.

3. Berat tubuh naik secara drastis


Salah satu ciri – ciri seseorang kekurangan hormon tiroid rendah yakni tubuhnya bisa mengalami peningkatan berat tubuh yang sangat signifikan. Hal ini tentu akan sangat mengganggu karena memiliki tubuh yang terlalu besar sangat merusak penampilan.

4. Gangguan tidur


Hipotiroid bisanya akan menyebabkan seseorang penderitanya menjadi selalu gelisah. Hal ini akan memicu terjadinya insomnia atau sulit tidur. Hal ini bisanya ada hubungannya dengan hormon tiroid yang lemah pada tubuh sehingga otak tidak bisa untuk berkonsentrasi.

5. Kedinginan


Apabila suhu di sekitar panas dan terik, namun Anda merasa kedinginan mungkin bisa dikarenakan salah satu gejala hipotiroid. Hal ini dikarenakan rendahnya hormon tiroid di dalam tubuh membuatnya tidak bisa untuk mengatur suhu tubuh menjadi normal. Akibatnya tubuh akan kedinginan walaupun suhu disekitarnya tidak dingin.

6. Gangguan siklus datang bulan


Salah satu akhir dari gangguan hormon tiroid menyerupai hipotiroid berikutnya ialah gangguan siklus haid pada wanita. Biasanya seseorang yang mengalami penyakit ini akan membuat datang bulan tidak lancar serta akan menyakitkan daripada biasanya. Hal ini sangatlah mengganggu setiap wanita yang menderitanya.

7. Kelelahan


Apabila kau telah beristirahat dengan baik ialah selama 8 jam dalam sehari namun masih mencicipi lelah, hal ini bisa disebabkan oleh gangguan hipotiroid. Oleh karena itu segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui kondisi hormon tiroid dalam tubuh.

8. Nyeri otot


Apabila kau tidak melaksanakan acara yang tidak begitu berat namun nyeri pada otot, tentu hal ini patut di curigai karena bisa saja nyeri di otot itu disebabkan oleh hipotiroid. Rasa nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit ini bisa terjadi di adegan otot, tulang, dan persendian. Biasanya sakit ini tidak dapat dihilangkan degan mudah apabila hanya mengonsumsi obat.

9. Konstipasi


Konstipasi atau sering di sebut dengan sembelit tidak hanya disebabkan oleh kekurangan makanan berserat. Namun faktor utama seseorang mengalami gangguan pencernaan tersebut dikarenakan kekurangan hormon tiroid dalam tubuh. Segera lakukan pemeriksaan medis apabila Anda masih mengalami sembelit meskipun telah mengonsumsi makanan berserat dan air putih.

10. Kulit kering dan kasar


Banyak orang beranggapan bahwa kulit yang kering dan garang hanya di sebabkan oleh kurangnya mengonsumsi air putih atau kurang mengoleskan pelembab pada kulit. Padahal kulit yang tidak sehat tersebut dapat terjadi saat hormon tiroid tidak di produksi dengan baik.


Baca Juga : 9 Obat Herbal untuk Mengobati Kelenjar Tiroid di Tubuh

Gejala Hipotiroid Lainnya :

11. Gondok
12. Detak jantung melambat
13. Wajah bengkak
14. Depresi
15. Sulit berkonsentrasi
16. Libido menurun
17. Suara serak
18. Kadar kolesterol meningkat
19. Pelupa



Hipotiroid merupakn penyakit yang bisa disembuhkan.Gejala hipotiroid awal yang sering orang alami diatas juga harus anda waspadai. Kaprikornus sudah seharusnya untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan meningkatkan tumpuan hidup sehat. Penyakit tersebut dapat segerah di cegah apabila Anda membiasakan diri dengan hidup sehat.
Sumber http://www.list.co.id/

Komentar