Langsung ke konten utama
ads

5 Dampak Buruk Penggunaan Earphone dikala Tidur untuk Kesehatan

Siapa yang tidak suka mendengarkan musik? Sepertinya jarang bahkan mungkin tidak ada. Hampir semua orang suka menikmati musik. Harmoni alunan nada yang tercipta dapat  menggerakkan emosi orang yang mendengarkan.

Perasaan senang, sedih, bahkan haru dapat muncul dalam hati, tergantung jenis musik apa yang kita dengar. Setiap orang memiliki selesa jenis musik yang berbeda. Sekarang dengan alat yang berjulukan earphone, Anda dapat mendengarkan musik favorit sepuasnya tanpa tanpa takut mengganggu orang lain.

Siapa yang tidak suka mendengarkan musik 5 Dampak Buruk Penggunaan Earphone ketika Tidur untuk Kesehatan

Earphone memang akan membuat bunyi musik jadi lebih jelas. Namun Anda perlu waspada kalau Anda termasuk orang yang terlalu sering mendengarkan musik dengan earphone apalagi ketika posisi tidur. Ada beberapa ancaman yang dapat mengancam kesehatan dari kebiasaan tersebut.

1. Menurunkan Daya Pendengaran


Mendengarkan bunyi dengan volume tinggi dan dalam waktu yang cukup lama tentu dapat merusak sistem indra pendengaran.  Seperti kebiasaan menggunakan earphone ketika tidur. Entah sadar atau tidak ketika hal ini terus berulang-ulang, maka efek yang ditimbulkan pun akan semakin parah. Membran gendang pendengaran yang tipis dapat rusak akhir bunyi yang telalu keras.

Penurunan fungsi gendang pendengaran yang terus terjadi dapat berujung pada benar-benar hilangnya pendengararan atau tuli. Jika hal ini dilakukan dalam jangka waktu lama dan kebiasaan ini tidak segera ditinggalkan maka kerusakan pendengaran akan terjadi. Fatalnya Anda akan kehilangan indera pendengaran Anda secara permanen.

2. Merusak Otak


Selama menggunakan earphone selain gelombang bunyi atau bunyi, gelombang elektromagnetik juga akan ikut masuk ke kepala kita. Tentu saja gelombang elektromaknetik ini tidak baik bagi tubuh manusia. Lalu apa hasilnya kalau ketika tidur, dimana otak sedang beristirahat namun terus dihantam dengan gelombang elektromagnetik yang berbahaya.

Yang terjadi yaitu sel-sel otak akan rusak bahkan dapat memicu munculnya penyakit kanker otak.  Terlebih lagi, otak Anda akan bekerja 2x lipat lebih besar alasannya yaitu dalam tidur kinerja otak tidak istirahat sama sekali. Hindari kebiasaan ini biar kerusakan pada otak tidak terjadi.

3. Menurunkan Kewaspadaan


Asyik mendengarkan musik terkadang membuat kita terlena dan tidak sadar dengan apa yang terjadi disekeliling. Terlalu sering menggunakan earphone akan menurunkan tingkat kepekaan salah satu indra. Saat tidur dan posisi earphone masih menempel di pendengaran mungkin kita tidak akan sadar kalau ada orang yang mengetuk pintu kamar. Hal ini juga dapat terjadi ketika adanya ancaman yang mengancam semisal kebakaran atau gempa bumi.

4. Melukai Kulit Telinga


Dampak yang kasat mata kalau terlalu sering menggunakan earphone yaitu terjadinya iritasi pada kulit telinga. Meskipun sudah ada karet pelindung, namun sebagian besar earphone tetap terbuat dari materi yang keras. Memasang dan melepas earphone dengan intensitas yang sering dapat memicu terjadinya iritasi pada kulit.

Bisa juga ketika tidur posisi kepala miring dapat menjadikan luka pada pendengaran akhir tekanan yang terjadi. Efek yangs ering dirasakan ketika bangkit juga sangat menyusahkan. Dimana Telinga Anda akan terasa panas dan sangat sakit untuk disentuh oleh tangan

Apalagi, penggunaan earphon yang tidak sesuai dengan lubang pendengaran Anda. Karena merek dan macam earphone dipasaran sangat banyak dan kecenderungan pemakaian earphone ini justru mengganggu kesehatan pendengaran Anda. Lebih baik segera perbaiki kebiasaan Anda.

5. Menurunkan Kualiatas Tidur


Tidur yaitu waktunya hampir semua organ tubuh beristirahat. Saat itu tubuh akan meregenerasi sel dan mengembalikan stamina yang hilang. Akan tetapi kebiasaan buruk menyerupai lupa melepas earphone ketika tidur dapat menurunkan kualitas tidur.

Musik yang terus menyala meski tubuh dalam kondisi tidak sadar akan membuat tidur menjadi tidak nyenyak. Sering terbangun ketika malam, atau tubuh terasa sakit dan pegal-pegal yaitu indikasi dari buruknya kualitas tidur Anda.  

Baca Juga: 21 Gaya Hidup Baik sebelum Tidur Malam untuk Kesehatan Tubuh

Saat susah tidur, mungkin musik mampu menjadi solusi. Mendengarkan musik fovorit mampu menjadi pengantar tidur. Namun ketika menggunakan earphone jangan lupa untuk melepasnya sebelum Anda benar-benar terlelap. Kebiasaan menggunakan earphone ketika tidur sangat berbahaya bagi kesehatan, menyerupai yang telah dijelaskan diatas. Ketahui dan sadari, biar hobi dan gaya hidup yang menyenangkan tidak menjadi merugikan.
Sumber http://www.list.co.id/

Komentar