Langsung ke konten utama
ads

19 Tips Mengatasi Ngantuk di Pagi Hari yang Patut Dicoba

Rasa kantuk yang sering terjadi di pagi hari memang mengganggu. Tubuh yang mestinya siap diajak beraktivitas akan terasa berat ketika rasa kantuk itu masih ada. Besarnya impian untuk masih berlama-lama di daerah tidur jadi penyebabnya.

Jangan hingga kegiatan penting terganggu akhir Anda terlalu sering menguap. Mengantuk di pagi hari akan menurunkan semangat dan motivasi untuk mencar ilmu dan bekerja. Rasa ngantuk di pagi hari biasanya bermula dari jam istirahat Anda yang tidak teratur. Jangan khawatir, karena banyak solusi mudahnya.

Rasa kantuk yang sering terjadi di pagi hari memang mengganggu 19 Tips Mengatasi Ngantuk di Pagi Hari yang Patut Dicoba

Berikut beberapa cara menghilangkan rasa kantuk di pagi hari yang efektif.

1. Minum Air Putih


Air putih selalu baik untuk kesehatan. Saat tidur tubuh banyak kehilangan cairan. Meminum segelas air putih setelah berdiri tidur dapat mengganti cairan tubuh yang hilang. Tubuh akan terasa segar dan kantuk pun akan hilang. Cara inilah yang paling mudah dan aman untuk  dilakukan.

2. Olahraga Ringan


Beberapa kali push up, sit up atau lari-lari kecil akan membuat pagi hari lebih bersemangat. Sedikit berkeringat di pagi hari akan mengusir rasa kantuk Anda yang masih tersisa. Tubuh yang bugar akan selalu siap untuk beraktivitas. Kaprikornus tak ada salahnya menyisikan 10 menit waktu pagi Anda untuk berolahraga.

3. Mandi Air Dingin


Rasa kantuk yang membandel di pagi hari dapat dilawan dengan yang satu ini. Ya, mandi. Mandi di pagi hari dapat membuat tubuh terasa segar. Apalagi dengan air dingin. Badan yang terasa lesu setelah berdiri tidur akan hilang ketika air hambar membasuh seluruh tubuh. Badan yang bersih dan sehat akan siap beraktivitas.

4. Sarapan


Rasa kantuk biasanya disebabkan kurangnya energi tubuh. Sarapan pagi akan membuat perut terasa nyaman dan kebutuhan energi tubuh terpenuhi. Menu sarapan sehat gizi seimbang menjadi pilihan sempurna pagi hari Anda. Orang yang tak pernah melewatkan sarapan pagi akan lebih siap menghadapi harinya.

5. Berjemur


Sinar matahari pagi sangat baik bagi kesehatan. Vitamin D dalam pancaran hangat mentari pagi indah untuk pertumbuhan tulang dan memperlancar pemikiran darah. Rasa kantuk akan hilang ketika tubuh hangat dan pemikiran darah ke otak lancar. Sunbathing atau berjemur merupakan salah satu caa yang efektif menghilangkan rasa kantuk di pagi hari.

6. Minum kopi


Solusi yang paling umum dilakukan untuk menghilangkan rasa kantuk ialah dengan minum kopi. Di dalam kopi terdapat zat kafein yang dapat membuat jantung berdenyut lebih cepat. Inilah yang membuat tubuh senantiasa terjaga. Rasa dan aroma kopi yang nikmat cocok untuk mengawali hari Anda dengan penuh semangat.

7. Mengunyah Permen Karet


Cara menghilangkan rasa kantuk di pagi yang cukup efektif ialah dengan mengunyah permen karet. Kebiasaan yang satu ini ternyata memiliki banayak manfaat. Rutin mengunyah permen karet dapat menghilangkan wangi mulut, menguatkan rahang dan mencegah stres. Disarankan memilih permen karet yang rendah gula.

8. Mengatur Waktu Tidur


Orang membutuhkan 8-9 jam untuk waktu istirahat yang cukup. Saat tidur malam tubuh akan melaksanakan regenerasi sel dan memulihkan stamina. Kebiasaan begadang hingga larut membuat berkurangnya waktu tidur. Penting mengatur waktu tidur semoga rasa antuk di pagi hari tidak melAnda.

9. Mendengarkan Musik


Music dapat memperbaiki mood atau suasana hati. Mendengarkan music berirama cepat mampu membuat pagi Anda lebih bersemangat. Jenis music rock, country, RAP dapat menjadi pilihan. Perpaduan irama yang cepat dan lirik yang garang akan mengusir kantuk dan rasa malas di pagi hari.

10. Menggunakan Aromaterapi


Cara menghiangkan rasa kantuk dipagi hari lainnya ialah dengan menggunakan aromaterapi. Menghirup aromaterapi bias menyegarkan pikiran dan mengurangi rasa kantuk. Hal ini karena efek wangi harum dari aromaetrapi ini akan menstimulasi otak. Anda dapat memilih aromaterapi sesuai selera.

Baca Juga: 11 Tips Mengatasi Kebiasaan Menggigit Kuku yang Paling Jitu

Selain 10 tips di atas, masih banyak cara menghilangkan rasa kantuk di pagi hari yang efektif lainnya, yaitu:

Tips Mengatasi Ngantuk di Pagi Hari Lainnya


11. Menahan Nafas Sejenak
12. Menghindari Tidur Siang
13. Matikan Lampu Sebelum Tidur
14. Minum Teh Herbal
15. Minum Air Lemon
16. Meregangkan Tubuh
17. Mencuci Muka
18. Melakukan Aktivitas Favorit Setiap Pagi
19. Menjauhkan Diri dari Alat Elektronik Sebelum Tidur

Mengantuk merupakan hal yang normal bagi seseoarang yang merasa lelah. Namun mengantuk di waktu yang tak sempurna terkadang cukup mengganggu. Cara-cara dan tips di atas dapat Anda lakukan untuk menghilangkan kantuk pada pagi hari secara efektif. Karena pagi hari harusnya diselimuti dengan semangat bukan malah rasa kantuk. Anda juga disarankan untuk memulai gaya hidup sehat semoga paginya tidak mudah mengantuk.
Sumber http://www.list.co.id/

Komentar

  1. Terimakasih infonya sangat bermanfaat. Jangan lupa kunjungi kami http://bit.ly/2vplrBi

    BalasHapus

Posting Komentar