Langsung ke konten utama
ads

19 Ciri Khas Rumah Sehat yang Perlu Anda Miliki untuk Keluarga

Rumah yaitu hunian yang harus dijaga kebersihan dan kenyamanannya. Rumah yang sehat pasti nyaman dihuni oleh penghuni. Sehingga mereka akan lebih betah untuk tinggal alasannya yaitu merasa terlindungi. Selain itu, rumah yang sehat dan nyaman akan dipergunakan semestinya sebagai daerah beraktivitas dan mengumpulkan energi positif yang berguna.

Keharusan memiliki hunian yang bersih dan sehat terang dibutuhkan. Lantas, bagaimana dengan keadaan rumah Anda ? sudah tahukah Anda mengenai ciri ciri rumah sehat ? Berikut ini beberapa ciri dari rumah sehat yang mampu Anda jadikan pola untuk hunian Anda.

Rumah yaitu hunian yang harus dijaga kebersihan dan kenyamanannya 19 Ciri Khas Rumah Sehat yang Perlu Anda Miliki untuk Keluarga

1. Rumah sehat itu bersih


Jelas menjaga kebersihan merupakan cara terbaik untuk mewujudkan rumah sehat. kebersihan lantai, dapaur, halaman bahkan ruang MCK perlu diperhatikan. Ciri ini merupakan ciri utama untuk menimbulkan rumah Anda termasuk sebagai kategori rumah sehat.

2. Ada sirkulasi udara yang baik


Ciri selanjutnya sebagai rumah sehat yaitu adanya sirkulasi udara yang baik. Cukupnya ventilasi sebagai daerah keluar masuknya udara mensugesti kelembapan udara didalam rumah. Rumah yang baik itu yaitu rumah yang sejuk didalam dan tidak terasa lembab. semakin lembab udara didalam rumah maka semakin tinggi kuman dan basil akan berkembang biak. Sudahkan rumah Anda berventilasi cukup?

3. Adanya daerah sampah 


Selain sirkulasi udara ternyata ketersediaan daerah sampah juga menimbulkan rumah Anda berkategori rumah sehat. Tempat sampah yang cukup dapat meminimaliir sampah rumahtangga yang biasa dihasilkan oleh penghuni rumah. Kesadaran akan membuang sampah pada tempatnya juga mempengaruhi.

Ketersediaan daerah sampah di dalam rumah namun tidak didukung oleh penghuni rumah yang tidak sadar akan kebersihan akan berdampak pada keadaan rumah Anda yang kotor dengan sampah berserakan.

4. Tersedianya Cahaya matahari cukup


Rumah yang sehat memiliki ciri bahwa ada cahaya matahari yang masuk. Bukti sebagai rumah sehat yaitu ketersediaan jendela. selain sebagai daerah masuknya cahaya, jendela juga berfungsi untuk daerah sirkulasi udara. Sehingga akan baik dan bermanfaat bagi penghuni didalamnya.

5. Bebas dari serangga kecoa


Sulit memang menghadirkan rumah dalam keadaan bersih dan sehat. tetapi, cukup terindikasi bahwa rumah Anda bebas dari kecoa ini mampu dijadikan patokan Anda. Ketika rumah Anda bebas dari kecoa ini maka rumah Anda mampu termasuk dalam rumah sehat. saat banyak kecoa, maka serangga ini akan hinggap di ebrbagai daerah dan merusak makanan atau pakian Anda. akan berbahaya jikalau basil yang dibawa kecoa masuk dalam badan Anda.

6. Rumah Bebas dari tikus


Selain kecoa, ternyata kondisi rumah sehat mampu terlihat dari bebasnya ras hewan menyerupai tikus. Tikus yaitu hewan pengerat yang banyak membawa penyakit. saat rumah Anda banyak tikus, maka penyakit akan segera menghampiri Anda. Anda mampu memelihara hewan menyerupai kucing untuk membasmi tikus dalam rumah Anda. Terpenting rawat hewan peliharaan Anda dengan baik biar bermanfaat bukan menyusahkan Anda.

7. Peralatan dapur bersih


Ya, memiliki rumah sehat tentu dampaan bagi setiap orang. Keberadaan dapur dan alat kelengkapannya sangat diperlukan. Bagi sebagian orang beranggapan bahwa rumah sehat itu terlihat dari kebersihan dapur Anda. Jadi, usahakan perlatan dan kelengkapan dapur Anda dalam keadaan bersih biar makanan yang disajikan menyehatkan Anda.

8. Atap tidak bocor


Beberapa alasan lain menyerupai atap dalam kondisi baik akan berkhasiat untuk kesehatan rumah Anda. keadaan rumah yang memilki atap kokok dan tidak bocor membawa berkah bagi Anda. Atap akan melindungi dari segala hujan dan terik matahari sehingga rumah akan aman dan nyaman untuk dihuni.

9. Dinding bersih dan cat rapi


Suasana yang mampu memberi kenyamanan rumah Anda yaitu dinding. dinging rumah yang tampak bersih dan bebas dari lumut serta pelapukan akan menawarkan manfaat baik untuk penghuninya. Keamanan terjaga dan Anda akan merasa nyaman untuk berisitirahat.

10. Adanya pekarangan dan tumbuhan hijau


Rumah sehat memiliki halaman yang bersih dan tumbuhan disekitarnya. Banyaknya tumbuhan yang ada akan menawarkan kesegaran dan kadar oksigen yang masuk kedalam rumah akan tercukupi. Rumah akan tersa sejuk dan rindang dan nampah sehat untuk dipAndang.

Baca Juga: 16 Gaya Hidup Baik Orang Barat yang Perlu Dicontoh dan Ditiru

Selain ciri ciri diatas, ada beberapa ciri lain dari rumah sehat yang mampu Anda aplikasikan ke rumah Anda, yaitu:

Ciri Khas Rumah Sehat Lainnya


11. Lingkungan aman
12. jauh dari pembuangan sampah
13. Saluran air memadahi
14. tersedianya air bersih
15. Selokan lancar
16. Adnya MCK yang memadai
17. Rumah jauh dari lokasi pabrik
18. Kamar tidur bersih
19. Adanya terusan pembuangan

Mengingat kebutuhan akan rumah yang sehat sangat bermanfaat bagi Anda perlu untuk diperhatikan. Sesuaikan keadaan rumah Anda berdasarkan ciri diatas biar penghuni nyaman dan terjaga kesehatanya. Anda juga perlu membiasakan diri untuk menerapkan gaya hidup baik dan sehat biar rumah Anda juga menjadi sehat.
Sumber http://www.list.co.id/

Komentar