Langsung ke konten utama
ads

11 Tips Mengatasi Kecanduan Rokok yang Paling Jitu

Banyak penyebab yang membuat seseorang menjadi pecandu rokok. Mulai dari sekedar mencoba-coba, gengsi karena sahabat di lingkungan sekitar kebanyakan merokok, dan penghilang stres karena banyaknya tekanan yang membuat seseorang memalingkannya pada sebatang rokok.

Berawal dari mencoba merokok, seseorang akan ketagihan. Hal ini di sebabkan oleh senyawa nikotin yang  sangat berbahaya dan menyebabkan seseorang menjadi candu. Namun bukan berarti kecanduan terhadap rokok tidak mungkin dapat di hilangkan. Bagi Anda perokok aktif yang sudah terlanjur kencanduan terhadap rokok, dan ingin mencoba berhenti.

Banyak penyebab yang membuat seseorang menjadi pecandu rokok 11 Tips Mengatasi Kecanduan Rokok yang Paling Jitu

Ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk menghilangkan ketergantungan pada rokok. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memualai berhenti merokok yakni :

1. Kekuatan Niat dan Tekat


Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk berhenti merokok ialah dengan menguatkan niat dan tekat untuk berhenti merokok. Sesuatu yang kita kerjakan harus di awali dengan niat terlebih dahulu. Tanpa niat dan tekat yang lingkaran dalam memulai berhenti merokok, seseorang akan goyah dan gagal dalam langkah menuju tujuanya. Karena niat itu sendiri sebagai pondasi keteguhan kita dalam memulai berhenti merokok.

2. Bentuk Komitmen


Komitmen sangat diharapkan dalam memulai langkah untuk berhenti merokok. Komitmen ini akan mengingatkan kita, apa tujuan awal kita untuk berhenti merokok. Apabila kita sudah berkomitmen dandilAndasi dengan niat sepenuh hati, seorang perokok akan mampu memotivasi dirinya sendiri. Adanya janji bertujuan semoga tidak terpengaruh hal-hal sepele yang menyebabkan  untuk berhenti merokok menjadi gagal.

3. Mencari Pergaulan Lingkungan Yang Tepat


Secara tidak langsung, lingkungan sekitar kita mensugesti dalam upaya kita untuk berhenti merokok. Apabila kita telah terbiasa berada dilingkungan perokok, sebaiknya kita mulai menghindari. Menghindari disini bukan berarti menjauhi, akan tetapi kita tetap bergaul tetapi dengan intensitas seperlunya. Karena, apabila kita berada di lingkungan perokok aktif secara terus-menerus maka janji awal untuk berhenti merokok akan goyah. Untuk itu kita harus mulai mencari pergaulan gres di lingkungan yang tidak perokok.

4. Mencari Kegiatan Positif


Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk berhenti merokok ialah dengan mencari acara yang positif. Banyak acara konkret yang dapat dilakukan yakni dapat menyalurkan hobi yang di miliki. Tujuan dari mencari acara konkret disini ialah semoga perokok sibuk dengan acara barunya sehingga tidak jenuh dan melupakan kebiasaanya menghisap rokok.

5. Temukan Fakta akan Bahaya Merokok


Menemukan fakta akan ancaman merokok merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk berhenti merokok. Fakta-fakta dari ancaman merokok mampu kita peroleh dari banyak sekali sumber, misalnya pergi kerumah sakit khusus kanker.

Dengan pergi kerumah sakit khusus kanker kita mampu bertemu secara pribadi dengan pasien penderita kanker paru-paru. Kita mampu melaksanakan observasi dengan pasien secara pribadi dengan pasien tersebut. Melalui hasil observasi tersebut kita mampu memperoleh pelajaran sekaligus peringatan akan ancaman yang di sebabkan oleh rokok.

6. Mengurangi Batang Rokok


Mengatasi kencanduan rokok mampu dilakukan dengan mengurangi jumlah rokok setiap harinya. Ketika awalnya pecandu mampu menghisap rokok sehari 36 batang, mampu dikurangi dengan secara perlahan. Karena untuk berhenti secara permanet, untuk perokok aktif ialah hal yang sangat sulit.

7. Mentukan Target


Setelah mengurangi perbatang setiap harinya, kita harus menentukan target kedepannya. target untuk berhenti merokok ini bersahabat kaitanya dengan janji awal untuk meninggalkan rokok sepenuhnya. Ketika kita sudah menentukan target untuk berhenti merokok dengan di sertai niat dan tekat, pastinya untuk berhenti merokok bukanlah hal yang sulit.

8. Mencari Kesibukan Sehabis Makan


Bagi sebagain perokok, waktu yang paling sempurna untuk merokok ialah setelah tamat makan. Untuk itu kita mampu mengalihkan kesibukan sehabis makan dengan bercengkerama dengan keluarga dan menikmati waktu berharga bersama.

9. Cukupi Kebutuhan Air Putih


Kekurangan air putih menyebabkan tenggorokan menjadi kering. Hal ini yang menyebabkan kita untuk menyalakan rokok. Ada baiknya kita cukupi kebutuhan air, dengan meminum minimal 12 liter seharinya. Anda juga akan terhindar dari dehidrasi.

10. Jauhkan diri dari rutinitas yang menyebabkan stres


Pada keadaan stres dan tertekan kita akan menghisap rokok. Untuk itu hindari acara yang menyebabkan kebosanan pada diri Anda. Carilah rutinitas dengan berolagraga yang mampu menyehatkan tubuh sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: 11 Tips Mencegah Dehidrasi untuk Anak dan Lansia yang Paling Efektif

Dan beberapa cara lain yang mampu di gunakan untuk berhenti merokok, sebagai berikut :

Tips Mengatasi Kecanduan Rokok Lainnya


11. Hindari Kegiatan Pemancing Merokok
12. Simpan Bahaya Merokok di Tempat Terlihat

Kecanduan dan gaya hidup tidak sehat terhadap rokok, bukan tidak mungkin untuk di hentikan. Beberapa cara mampu Anda gunakan untuk berhenti merokok. Keberhasilan dalam memulai untuk berhenti merokok tergantung dari pribadi masing-masing. Apabila kita sudah membulatkani niat, tekat, dan komitmen, pastinya untuk berhenti merokok tidaklah sulit.
Sumber http://www.list.co.id/

Komentar