Langsung ke konten utama
ads

11 Efek Tidur Malam pada Prestasi Belajar dan Kemampuan Otak

Tidur merupakan kebutuhan pokok yang harus wajib di penuhi oleh setiap manusia. Normalnya kebutuhan tidur insan dalam satu hari ialah 8 jam. Apabila kebutuhan tidur tidak terpenuhi, akan mensugesti daya ingat dan kecerdasan otak.

Karena selama tidur, jaringan otak dan sel-sel dalam tubuh kita akan melaksanakan regenerasi. Sehingga dengan kebutuhan tidur yang cukup, akan membuat tubuh dan pikiran menjadi segar dan bugar. Namun ada beberapa dampak buruk yang di akibatkan karena tidur terlalu larut malam mengganggu prestasi belajar.

Tidur merupakan kebutuhan pokok yang harus wajib di penuhi oleh setiap insan 11 Efek Tidur Malam pada Prestasi Belajar dan Kemampuan Otak

Adapun pengaruh tidur terlalu larut malam dalam mensugesti prestas berguru yakni :

1. Menurunkan daya tahan tubuh


Masalah yang dialami apabila kurang tidur ialah daya tahan tubuh akan menurun. Hal ini di sebabkan karena saraf-saraf dalam tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Sehingga asupan oksigen ke otak yang masuk melalui saraf-saraf aliran darah menjadi berkuranng.

2. Memicu stres


Tidur telalu malam membuat otak kita menjadi stres. Hal ini di sebabkan karena otak dipaksa untuk terus terjaga sedangkan tubuh terasa lelah dan ingin beristirahat. Akibatnya otot di kepala menjadi tegang dan
kaku yang menyebabkan saraf-saraf di kepala menjadi tidak nyaman.

3. Daya ingat menurun


Kuantitas tidur yang kurang mengakibatkan, asupan oksigen ke otak menjadi berkurang. Hal ini menyebabkan pikiran kurang konsentrasi dan daya ingat menjadi menurun. Sehingga kondisi ini menyulitkan kita untuk menyerap pembelajaran ketika di sekolah.

4. Terserang anemia


Anemia ialah kondisi dimana kita kekurangan sel darah merah. Gejala yang di timbulkan oleh anemia sendiri ialah tubuh terasa lemas dan kurang konsentrasi. Sehingga kondisi seperi ini membuat kita malas untuk mengikuti pelajaran di sekolah. Cara untuk mengantisipasi anemia ialah dengan menjaga referensi tidur yang cukup.

5. Mental dan fisik terganggu


Tidur terlalu larut malam menyebabkan pikirian menjadi tidak fokus. Hal ini dikarenakan jumlah oksigen dan sel darah merah yang ada dalam otak berkurang karena jam tidur kita yang tidak maksimal . Kondisi ini memicu stres dan mengganggu mental dan fisik. Sehingga ketika berada di sekolah kita tidak seratus persen fit.

6. Kesulitan konsentrasi


Jumlah oksigen dan sel darah merah yang menuju otak berkurang mensugesti konsentrasi kita.  Sehingga pikiran kita tidak terlalu fokus pada bahan pelajaran. Karena rasa lelah dan ngantuk yang menghinggapi.

7. Memicu sakit kepala


Sakit kepala di picu karena kurangnya jumlah jam tidur kita. Seseorang yang kurang tidur biasannya mengeluh sakit kepala dan tubuh terasa panas. Hal ini di akibatkan karena pembuluh darah di sekitar kepala tegang karena tersumbat jawaban dari kurangnya aliran oksigen yang masuk ke otak. Bila sakit kepala sudah menyerang, tentunya semua mata pelajaran yang kita terima di sekolah tidak dapat kita serap.

8. Mengantuk pada pagi dan siang hari


Kondisi kurang tidur menyebabkan rasa kantuk ketika pagi dan siang hari. Hal ini di karenakan kondisi tubuh yang menginginkan untuk beristirahat. Pekerjaan Anda di pagi dan siang hari pun juga akan terganggu karena hal ini.

9. Tubuh terasa cepat lelah


Kondisi tubuh yang kurang darah jawaban tidur terlalu malam menyebabkan tubuh terasa cepat lelah. Apabila tubuh tidak fit dan mudah terasa lelah, maka untuk mengikuti pelajaran menjadi malas. Sehingga apabila sifat malas ini terus menghinggapi kita, akan menyebabkan prestasi berguru kita menurun.

10. Intuisi dan imajinasi berkurang


Tidur yang tidak cukup mengkibatkan kemampuan otak menjadi menurun karena jumlah oksigen dan sel darah merah yang masuk keotak berkurang. Sehingga otak kehilangan konsentrasi dan menimbulkan daya kreatifitas yang biasanya di lakukan otak menjadi menurun.

Pengaruh tidur malam sangat memprngaruhi prestasi kita di sekolah, hal ini sejalan dengan kondisi dimana otak tidak fokus dan kurang konsentrasi dalam mendapatkan pembelajaran. Dengan begitu, kemampuan otak untuk berimajinasi dan berkreatifitas menjadi tidak maksimal.

11. Mudah tersinggung


Kondisi pikiran yang kosong karena tidur terlalu malam menimbulkan menjadi tidak fokus. Pikiran mudah terganggu  tersinggung apabila terganggu oleh temannya. Dengan kondisi menyerupai akan menimbulkan pembelajaran yang tidak nyaman di sekolah karena kita merasa emosi.

Baca Juga: 11 Tips Mengatasi Kecanduan Rokok yang Paling Jitu

Kebiasaan atau gaya hidup tidur malam merupakan kebiasaan buruk. Kita bisa menghentikan kebiasaan tersebut dengan cara menhindari acara malam menyerupai menonton film dan berguru hingga larut malam. Kita bisa menyiasati dengan mengurangi tidur siang yang menimbulkan ketika malam susah tidur.
Sumber http://www.list.co.id/

Komentar