Langsung ke konten utama
ads

9 Dampak Buruk Tidur Setelah Shubuh untuk Kesehatan Tubuh

Tidur merupakan bentuk istirahat yang paling baik untuk tubuh. Akan tetapi waktu tidur yang terlalu lama justru kurang baik bagi tubuh. Apakah Anda sering bangkit kesiangan? Jika iya, Anda perlu waspada. Pagi hari atau waktu setelah subuh memang nikmat untuk melanjudkan tidur.

Pada ketika itu tubuh terasa berat meninggal kawasan tidur. Kebiasaan tidur sehabis subuh ternyata merugikan kesehatan. Tidak hanya istirahat Anda saja yang akan mengalami gangguan, namun juga kesehatan psikis dan fisik Anda juga akan terganggu.

Tidur merupakan bentuk istirahat yang paling baik untuk tubuh 9 Dampak Buruk Tidur Setelah Shubuh untuk Kesehatan Tubuh

Berikut dijelaskan ancaman tidur sehabis subuh bagi kesehatan.

1. Lemah dan Mudah sakit


Aktivitas di pagi hari sangat baik untuk tubuh manusia. Kurangya acara pagi akhir terlalu lama tidur atau bangkit kesiangan akan menurunkan tingkat kebugaran tubuh. Hal ini tentu akan membuat sistem kekebalan tubuh terganggu sehingga aneka macam penyakit dapat menyerang. Flu, demam, sakit kepala ialah penyakit ringan yang biasa melAnda.

2. Menyebabkan obesitas


Tingkat obesitas atau kegemukan dari tahun ke tahun terus meningkat. Salah satu kebiasaan buruk penyebabnya ialah tidur sehabis subuh. Energi yang berlebih dan tak segera digunakan akan mengendap menjadi lemak tubuh. Kebiasaan yang terus berlangsung setiap hari akan membuat berat tubuh terus meningkat dan karenanya terjadi obesitas pada tubuh.

3. Gangguan jantung


Menurut para ahli, tidur lebih dari 8 jam per hari dapat meningkatkan resiko serangan jantung sebesar 38%. Saat posisi tertidur jantung hanya akan memompa darah secara perlahan. Otot-otot jantung yang tak terbisa terlatih memompa darah akan sangat beresiko ketika tubuh melaksanakan acara berat. Meningatkan intensitas denyut jantung di pagi hari dengan acara pagi sangat baik bagi kesehatan.

4. Depresi


Tidur sehabis subuh teryata juga tidak baik secara psikologis. Ganguan mental menyerupai depresi lebih rentan melAnda orang yang suka bangkit siang dari pada yang bangkit pagi. Terlambat ke kantor, terjebak macet, lupa akan peran ialah efek yang secara tidak pribadi penyebab depresi. 

5. Sakit kepala


Dampak yang paling sering diderita oleh orang yang kembali tidur sehabis subuh ialah sakit kepala. Terlalu lama tidur akan membuat pedoman darak ke otak tidak lancar sehingga ketika bangkit kepala akan terasa sakit. Meski akan sembuh setelahnya namun sakit kepala yang terlalu sering akan memicu penyakit alzaimer.

6. Gangguan metabolisme


Sistem metabolisme tubuh akan memulai aktivitasnya pada waktu subuh atau ketika waktu istirahat telah terpenuhi. Namun apa jadinya kalau pada ketika itu Anda masih tertidur. Tentu ritme metabolisme tubuh akan terganggu. Biasanya Anda akan merasa sangat lapar dan haus ketika bangkit siang. Terganggunya sistem metabolisme tubuh dapat berakibat serius bagi kesehatan.

7. Diabetes


Bahaya tidur sehabis subuh lainnya yaitu dapat memicu penyakit diabetes. Sebuah penelitian menyebutkan tidur terlalu lama dapat meningkatkan resiko seseorang mengidap diabetes. Penumpukan kadar gula dalam darah terjadi ketika kelebihan energi dan kurangnya acara pembakar kalori. Bangun pagi dan berolahraga merupakan cara terhindar dari diabetes.

8. Stroke


Stroke ialah penyakit berbahaya lainnya yang terjadi pada Anda yang terlalu lama tidur. Penyakit tidak menular yang menjadi banyak penyebab tamat hayat orang ketika ini. Indikasi stroke ialah ketika sebagian tubuh tidak dapat di kontrol oleh otak. Ini terjadi akhir kurangnya acara gerak dan tidak lancarnya peradaran darah. Segera evaluasi kebiasaan tidur sehabis subuh biar terhindar dari strok.

9. Dehidrasi


Saat tidur tubuh banyak kehilangan cairan. Penting segera mengganti cairan tubuh ketika waktu istirahat telah cukup. Membiarkan tubuh terlalu lama kekurangan cairan dapat membuat dehidrasi akut. Ibarat mesin yang kekurangan oli, maka akan terlalu cepat panas dan rusak. Begitu pula tubuh kita. Panas dalam dan sakit tenggorokan dapat terjadi ketika tubuh kekurangan cairan.

Baca Juga: 31 Gaya Hidup Baik Orang Arab yang Perlu Ditiru dan Diikuti

Jangan melanjutkan kembali gaya hidup dengan tidur setelah waktu subuh. Apalagi bagi seorang muslim dipercaya tidur setelah subuh dapat menjauhkan rejeki dan berkah. Waktu pagi ialah waktu yang sempurna untuk mengawali hari. Banyak ancaman yang mengancam kesehatan ketika kebiasaan tidur sehabis subuh terus berlangsung. Bangun pagi dan berolahraga atau beraktivitas lainnya sangatlah dianjurkan bagi Anda pecinta gaya hidup sehat.
Sumber http://www.list.co.id/

Komentar