Langsung ke konten utama
ads

11 Tips Mengatasi Kebiasaan Menggigit Kuku yang Paling Jitu

Kebiasaan menggigit kuku mungkin biasa dilakukan oleh anak-anak. Namun apa kesudahannya kalau orang cukup umur pun masih kerap melakukannya. Stikma kurang baik menyerupai jorok, kekanak-kanakan, dan kurang berwibawa akan melekat pada orang dengan kebiasaan yang satu ini.

Menggigit kuku biasa dilakukan ketika merasa bosan, stress dan juga malu. Padalah kebiasaan gigit kuku ini bisa membahayakan kesehatan. Ada beberapa cara efektif  dan aman menghilangkan kebiasaan menggigit kuku yang patut Anda coba. Berikut ini cara dan tipsnya.

Kebiasaan menggigit kuku mungkin biasa dilakukan oleh anak 11 Tips Mengatasi Kebiasaan Menggigit Kuku yang Paling Jitu


Tips Mengatasi Kebiasaan Menggigit Kuku


1. Niat yang Kuat


Langkah awal dan yang paling penting ialah menanamkan niat yang berpengaruh untuk berhenti. Keinginan dari dalam diri akan menjadi dorongan bagi Anda untuk tidak lagi melaksanakan kebiasaan gigit kuku. Sehingga Anda akan menjalaninya dengan tulus dan tanpa terpaksa. Karena sejatinya kebiasaan gigit kuku erat kaitannya dengan duduk perkara mental.

2. Menatap Cermin


Cara yang amat mudah untuk dilakukan. Berdiri di depan cermin dan perhatikan diri Anda ketika menggigit kuku. Pasti akan terlihat tidak menarik dan dapat merusak citra Anda. Menyadari hal tersebut pasti Anda akan berfikir dua kali ketika akan melakukakan kebiasaan itu. Efeknya kebiasaan yang kurang baik itu dapat dikurang.

3. Identifikasi Masalah


Mengigit kuku bukanlah solusi dari duduk perkara yang sedang dihadapai. Kebiasaan ini hanyalah pengalihan perhatiaan ketika seorang sedang ada masalalah. Penting segera mengidentifikasi sumber duduk perkara dan mencari solusi sebenarnya. Masalah umum yang menjadi penyebab ialah stress. Maka mencari solusi stress Anda berarti menghilangkan kebiasaan menggigit kuku.

4. Mengunyah Permen Karet


Saat verbal dan gigi Anda sibuk mengunyah permen karet maka tak ada lagi waktu untuk si kuku. Mengunyah permen karet bebas gula juga memiliki banyak manfaat menyerupai menghilangkan amis mulut, menguatkan gigi dan rahang serta mengjauhkan stress. Kaprikornus lebih baik alihkan kebiasaan gigit kuku dengan mengunyah permen karet.

5. Potong Pendek Kuku


Kuku yang panjang ialah daerah kuman dan kuman bersarang. Memotong kuku hingga pendek selain baik untuk kesehatan juga akan menghindarkan Anda dari kebiasaan gigit kuku. Dengan memotongnya hingga pendek maka tak ada lagi adegan kuku yang bisa Anda gigit. Selain itu,  kuku yang pendek juga akan terlihat lebih bersih dan rapi.

6. Cat Kuku


Bagi seorang perempuan cara ini cukup efektif dilakukan. Membuat kuku tampil cantik dengan warna favorit ialah pilihan bagus. Bagi yang hobi menggigit kuku ini akan membuat mereka sayang untuk menggigit kuku mereka. Selain itu, menggigit kuku yang telah di cat akan memberi rasa pahit di mulut.

7. Memakai Lotion di Tangan


Cara menghilangkan kebiasaan gigit kuku selanjudnya ialah dengan memakai lotion pada tangan. Pemakaian lotion selain berfungsi melembabkan kulit tangan juga dapat mengurangi kebiasaan gigit kuku. Rasa pahit ketika menggigit kuku akhir lotion akan membuat rasa yang tidak nyaman.

8. Alihkan Perhatian


Kebiasaan buruk menggigit kuku bisa Anda alihkan pada acara lainnya yang lebih bermanfaat. Menggambar, membaca buku, atau mendengarkan musik dapat menjadi alternatif pilihan yang sempurna sebagai pengganti kebiasaan gigit kuku. Mencari kesenangan lain dengan menyalurkan hobi, membuat Anda akan lupa kebiasaan gigit kuku.

9. Memakai Karet Gelang


Cara ini fungsinya hampir sama dengan penggunaan lotion di tangan. Aroma yang tidak enak dari karet gelang serta rasanya yang pahit ketika terjilat akan membuat Anda enggan mendekatkan verbal dengan tangan. Karet gelang juga dapat menjadi hukuman ketika Anda mencoba mengigit kuku. Setiap mencoba menggigit kuku, tarik karet gelang dan lepaskan hingga mengenai kulit. Rasa sakit yang ditimbulkan akan membuat Anda merasa kapok.

10. Mempercantik Kuku


Secara psikologis orang akan enggan merusak sesuatu yang terlihat indah. Begitu juga kuku. Kuku yang tampil cantik dan terawat akan sayang untuk digigit. Bagi para perempuan bisa mempercantik kuku ke salon dengan hiasan-hiasan lucu. Tak ada salahnya mencoba cara yang satu ini semoga kebiasaan menggigit kuku dapat dihilangkan.

11. Memberi Hadiah


Catatlah seberapa sering menggigit kuku dalam sehari. Memberi hadiah kepada diri sendiri atau orang lain yang bisa mengurangi kebiasan tersebut dapat juga menjadi solusi. Hadiah kecil berupa permen atau coklat dapat Anda berikan. Pemberian hadiah akan memotivasi untuk terus berusaha mengurangi kebiasaan buruk ini hingga hilang.

Baca Juga: 9 Dampak Buruk Tidur Setelah Shubuh untuk Kesehatan Tubuh

Sadar atau tidak sadar gaya hidup dengan kebiasaan menggigit kuku tidak lah baik dilakukan. Dari segi penampilan maupun kesehatan, kebiasaan ini akan merugikan Anda. Menghilangkan kebiasaan tersebut ialah solisi terbaik. 11 cara yang telah dijeaskan dapat Anda coba untuk menghilangkan kebiasaan buruk gigit kuku.
Sumber http://www.list.co.id/

Komentar