Langsung ke konten utama
ads

11 Tips Mencegah Dehidrasi untuk Anak dan Lansia yang Paling Efektif

Apakah Anda pernah merasa sangat haus, tubuh lemas, kepala terasa pusing, bibir pecah-pecah, atau konsentrasi menurun ?  kalau iya, itu semua ialah tAnda-tAnda dehidrasi. Suatu kondisi dimana tubuh kekurangan banyak cairan sehingga mengganggu sistem metabolisme.

Jangan anggap sepele dehidrasi pada tubuh, karena dapat berakibat fatal. Apalagi dehidrasi yang terjadi pada lansia dan anak-anak, maka perlu penanganan yang sedikit berbeda ketimbang orang remaja pada umumnya. Berikut 11 cara mengatasi dehidrasi pada lansia dan belum dewasa yang efektif dan aman.

 Suatu kondisi dimana tubuh kekurangan banyak cairan sehingga mengganggu sistem metabolism 11 Tips Mencegah Dehidrasi untuk Anak dan Lansia yang Paling Efektif

Tips Mencegah Dehidrasi untuk Anak dan Lansia


1. Minum Air Sedikit-sedikit


Segera mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak dapat menjadi solusi cepat mengatasi dehidrasi. Namun tubuh lansia dan belum dewasa tentu susah melakukannya. Perlu pembiasaan Kenan kondisi mereka. Minum air putih sedik-sedikit atau seering mungkin ialah solusi terbaik. Dengan begitu cairan tubuh dapat segera terganti meski tidak dalam satu waktu.

2. Hindari Aktivitas Berlebih


Aktifitas berlebih dapat memicu keluarnya keringat. Apalagi ditambah cuaca yang panas keringan akan lebih banyak bercucuran. Ini biasa terjadi ketika belum dewasa bermain diluar rumah. Keluarnya carain tubuh berupa keringan dapat juga memicu dehidrasi kalau tidak segera ditangani. Untuk itu  perlu mengatur dan sesuaikan kegiatan dengan kondisi si kecil maupun para lansia.

3. Makan Buah yang Banyak Mengandung Air


Anak-anak maupun lansia biasanya susah apabila di suruh minum air putih dalam jumlah yang cukup banyak. Jangan khawatir, Anda dapat menggantinya dengan buah-buahan yang mengandung banyak air. Semangka, jeruk, tomat, melon merupakan beberapa buah yang kaya akan kandungan air. Dapat dimakan secara pribadi maupun dalam bentuk jus. Air dan vitamin yang ada dapat segera mengobati dehidrasi pada tubuh.

4. Minum Susu


Susu selalu baik untuk kesehatan. Susu bermanfaat mempercepat pertumbuhan tulang anak maupun mencegah osteoporosis pada lansia. Selaiin itu kanduang kalsium dan mineral dalam susu ternyata juga efektif untuk segera menghidrasi tubuh. Meminum segelas susu kemudian diikuti segelas air setelahnya bisa mengganti nutrisi tubuh yang hilang ketika dehidrasi.

5. Makan Sup


Sup merupakan makanan sekaligus minuman yang cocok dikonsumsi ketika dehidrasi. Sup buah maupun sup sayur dapat menjadi pilihan tepat. Makanan kaya nutrisi ini akan pribadi dapat menyegarkan tubuh kembali. Rasanya yang lezat dan menyehatkan pasti disukai belum dewasa maupun lansia.

6. Minum Air Kelapa


Jika Anda takut memberi minuman isotonik kemasan pada anak-anak. Maka air kelapa ialah pilihan yang lebih aman untuk diberikan. Air kelapa muda kaya akan kandung isotonik alami. Hilangnya ion tubuh ketika dehidrasi dapat segera digantikan dengan cairan isotonik pada air kelapa. Kesegaran air kelapa akan segera menhilangkan dehidrasi pada tubuh.

7. Menghindari Kopi


Sejatinya konsumsi kopi berlebih tidak dianjurkan bagi belum dewasa dan lansia karena dapat mengganggu kesehatan. Kopi mengandung zat yang berjulukan kafein. Sistem metabolisme tubuh akan bekerja lebih cepat dengan adanya zat ini. Sehingga orang yang setelah minum kopi akan merasa cepat haus dan lapar. Sehingga mengkonsumsi kopi juga dapat memicu terjadinya dehidasi pada tubuh.

8. Menghindari Minuman Alkohol


Minuman beralkohol memang tidak baik untuk kesehatan. Selain dapat menjadikan hilangnya kesadaran ketika dikonsumsi berlebih, alkohol juga menyenyebabkan efek diuretik pada tubuh.  Diamana produksi urin akan meningkat sehingga tubuh akan kehilangan banyak cairan. Sehingga orang yang minum minuman beralkohol biasanya akan lebih sering buang air kecil.

9. Atur Waktu Tidur


Faktanya ketika tidur tubuh akan kehilangan banyak cairan. Biasanya belum dewasa dan lansia memiliki waktu tidur yang lebih banyak dibanding orang dewasa. Hal ini akan membuat mereka lebih rentan terkena dehidrasi. Mengatur waktu tidur dengan istirahat secukupnya akan lebih baik bagi kesehatan.

10. Kompres dengan Kain Basah


Sudah minum air, namun dehidrasi tidak lekas hilang. Anda perlu melaksanakan hal yang sati ini. Ambil kain dan basahi dengan air kemudian kompres pada kepala atau leher. Dehidrasi biasanya disebabkan karena panas berlebih. Mendinginkan suhu tubuh dengan kompres kain berair dapat mempercepat penurunkan tingkat dehidrasi tubuh.

11. Kurangi Penyebabnya


Beberapa kondisi biasanya secara tidak pribadi dapat menyebabkan dehidrasi. Sakit diare, demam, atau mutah  ialah contohnya. Pada ketika itu tubuh akan kehilangan banyak cairan. Mengurangi atau mengobati penyebabnya berari juga akan menghilangkan dehidrasi.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Penggunaan Earphone ketika Tidur untuk Kesehatan

Tubuh insan 60 persennya terdiri dari cairan. Kekurangan cairan tubuh dapat mengganggu sistem metabolisme. Anak-anak dan lansia sangat rentan terkena dehidrasi dan juga penyakit lainnya. Perlu penanganan khusus untuk mengobati dehidrasi pada mereka. 11 cara mengatasi dehidrasi pada anak dan lansia yang telah dijelaskan dapat Anda coba.
Sumber http://www.list.co.id/

Komentar